Khazanah

Biomass, Alternatif Sumber Energi Di Masa Depan

NOORMUSLIMA.COM – Isu yang sedang banyak menjadi perhatian masyarakat dunia dalam lima tahun terakhir adalah isu tentang lingkungan. Lingkungan yang semakin rusak membuat manusia harus memikirkan cara-cara hidup yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah menggunakan energy yang tidak terlalu mencemari lingkungan. Biomass adalah salah satu alternatif energi ramah lingkungan yang dapat dikembangkan untuk masa depan umat manusia.

Biomass dapat diartikan sebagai material sumber energy yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan, dan tumbuhan. Materi ini biasa disebut juga dengan materi organik yang komposisinya terdiri dari oksigen, karbon, hydrogen, atau nitrogen. Komposisi tersebut dihasilkan dari proses alami atau biologis seperti endapan kotoran ternak, sampah organic, hasil pertanian, limbah dari pabrik tahu, fermentasi tebu, dan lain sebagainya.

Sebagian besar energi yang kita pakai hari ini berasal dari minyak bumi. Namun kita tahu bahwa minyak bumi adalah energi yang tidak dapat terbarukan dengan segera. Artinya, suatu saat cadangan minyak bumi bisa habis. Untuk mengganti minyak bumi kita butuh waktu jutaan tahun. Biomass adalah jenis energi yang dapat terbarukan karena bersifat biologis atau bisa ditumbuh ulang. Contoh yang paling mudah adalah sumber energi biogas yang berasal dari limbah manusia dan ternak. Makhluk hidup akan selalu mengeluarkan limbah sepanjang hidupnya, maka kita akan dapat dengan mudah mendapatkan bahan baku untuk membuat biogas. (413)

m4s0n501
The following two tabs change content below.
Author Image

Randy Setyo

Author Image

Latest posts by Randy Setyo (see all)

Leave a Comment