Fiqih

Bolehkah Berinfak Dari Hasil Mencuri ?

NOORMUSLIMA.COM- Mencuri adalah suatu perbuatan tercela dan berdosa. Karena itu sama saja merampas hakDalam Islam, Bolehkah Menuntut Pemenuhan Hak?. Read more ... » orang lain. Dan mengambil hak orang lain tanpa seizin yang punya barang, maka haram hukumnya bagi benda yang di curi. Allah sangat menganjurkan setiap umatnya agar memakan dari makanan yang halalProduksi Makanan Halal Mengalami Kenaikan di Kawasan Balkan. Read more ... ». Hasil dari keringat sendiri. Allah SWT berfirman:

Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosaAC dan Dosa. Read more ... », padahal kamu mengetahui. (QS. 2:188)

Sangat jelas sekali Allah melarang umatnya memakan suatu barang yang di dapat secara haram, apalagi menginfakkannya.

Allah swt berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. (QS. 2:267)”

Firman diatas menerangkan bahwa Allah menganjurkan umatnya, untuk menggunakan harta yang halal. Baik untuk nafkah sendiri maupun nafkah dijalan Allah( infak). Jadi haram hukumnya menginfakkan harta hasil mencuri atau perbuatan lainnya yang tidak di ridhai Allah. [putri] (550)

Recommended

Leave a Comment