Fiqih

Haruskah Melunasi Bunga Hutang ke Rentenir?

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Semoga Ustadz sehat selalu dalam lindungan Allah. Mohon penjelasan Ustadz, bagaimana hukumnya jika kita tidak mampu membayar bunga hutang kepada rentenir. Apakah kita berdosa bila mengingkari, atau, tidak membayarnya, atau kita tetap wajib membayarnya? Sedangkan pokok hutangnya sudah terbayar. Dulu saya meminjam karena sudah tidak ada jalan keluar, tapi setelah sekian lama saya membayar kok katanya tidak habis-habis bunganya padahal saya sudah membayar hampir lebih dari dua kali lipat dari pokok. Terimakasih ustadz atas penjelasannya. (EN-Hongkong)

Jawaban:

Walaikumsalam Wr. Wb.

Saudari EN, menyoal model interaksi pinjaman kepada rentenir, jelas jadi pilihan terburuk sepanjang hidup. Sebab, berhutang, lalu dibebani keharusan untuk bayar hutang beserta bunganya, adalah ketentuan mencekik. Mengatasi masalah, dengan menciptakan masalah yang jauh lebih besar. Itu mengapa, bunga pinjaman, oleh Islam disebut riba. Karena, melebihkan angka modal, yang harus dikembalikan peminjam. Apalagi, apabila kelipatan bunga menjadi lebih besar dari uang awal yang dipinjam. Bukan cuma rentenir yang berdosa, tetapi orang yang meminjam, dengan mengetahui bahwa pinjaman itu bakal berbunga juga bersalah. Saudari EN, yang menyadari hal itu, kemudian menyatakan diri bertaubat adalah keputusan tepat.

Yang menjadi masalah, apakah proses transaksi pengembalian pinjaman atau bunga pinjaman haruskah berlanjut atau bisakah berhenti, tatkala satu pihak insaf. Hanya perlu digarisbawahi, bahwa keinsafan terhadap kesalahan itu bukan semata dilatarbelakangi kita yang merasa dirugikan. Agar lebih berarti, kesadaran kita bahwa sistem riba melalui transaksi bunga pinjaman adalah larangan Allah.

Persoalan itu dijelaskan oleh Al-Quran, “tetapi, jika kamu bertaubat, maka kamu berhak atas pokok hartamu. Kamu tidak zhalim (merugikan) dan tidak dizhalimi (dirugikan)”, (Q.S. Al-Baqarah: 279). Taubat berarti tetap melunasi hutang. Taubat bukan dengan pengertian bahwa kewajiban mengembalikan uang gugur. Jumlah pinjaman yang wajib kita kembalikan adalah sejumlah yang kita pinjam di awal. Itulah pokok harta (modal).

Kita tidak boleh membayar bunga pinjaman. Itu bukan kewajiban, sebab telah salah menurut pandangan Islam. Artinya dosa membayar bunga hutang. Akan tetapi, apabila orang yang meminjam dipaksa harus membayarnya, oleh suatu kondisi yang begitu memaksanya, misalkan, ancaman penjara bertahun-tahun, atau keselamatan jiwanya terancam, ia tidak berdosa melunasi bunga hutang itu. Ini pendapat yang paling kuat di kalangan ulama fikih mazhab Hanafi dan Syafi’i. Menurut pandangan mereka, bahwa hukuman penjara bertahun-tahun terkategori darurat dan terpaksa. Dengan demikian perlu menilik kembali, transaksi awal ketika peminjaman, prosedural peraturan undang-undang yang berlaku di suatu tempat, agar dapat ditimbang, antara maslahat dan mudharat yang ditimbulkan jika bunga pinjaman itu tidak dilunasi. Wallahu a’lam.
 Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb. 

Taryudi, Lc.

  (2068)

The following two tabs change content below.

manager

Biografi manager.....

Recommended

3 Comments

  • Mary Cole 04/05/2015 at 07:06

    Halo,

    Untuk benar memperkenalkan diri, saya pemberi pinjaman swasta Mrs Mary Cole memberikan pinjaman sebesar 2% per tahun. Ini peluang keuangan di depan pintu Anda langkah, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman Anda lebih cepat. Ada banyak peluang di luar sana mencari bantuan keuangan dan di mana-mana, dan bahkan sekarang mereka masih belum bisa mendapatkan. Namun, peluang keuangan ini di depan pintu Anda langkah dan dengan demikian, tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini. Layanan ini akan memberikan baik perorangan, perusahaan, bisnis pria dan wanita. Jumlah pinjaman berkisar tersedia dari sejumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui email: marycoleloanscompany@gmail.com
    Formulir untuk mengisi aplikasi kredit dan mengembalikannya.

    Nama lengkap ………………………………

    Nomor telepon pribadi ……………………….

    Negara …………………………………….

    Alamat ………………………………..

    Negara …………………………

    Umur ………………………………………

    Apakah Anda diterapkan sebelumnya? ………………. – ….

    Status ……………………………

    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan sebagai pinjaman ……………………………….

    Jangka waktu pinjaman ……………………………

    Bekerja ………………………………

    Pendapatan bulanan ………………………..

    Konfirmasi ini, kami akan mengirimkan kondisi kami, bersama-sama dengan jadwal pembayaran dan jika Anda setuju, Anda akan menerima pinjaman dalam waktu 48 jam. Tergantung pada keparahan dan urgensi dalam mendapatkan pinjaman.
    Saya senang untuk meneruskan prompt Anda,

    Salam,
    Mrs Mary

    Reply

  • Bettyjune Wheeler 26/05/2015 at 19:47

    Hello People Beloved,
    Mrs bettyjune I write this letter because I am really grateful for what Mrs Jane Morrison did for me and my family, when I thought there was no hope she came and makes me feel alive again by bringing us low interest loan level 1.5 % I never thought that there is still sincere loan lenders on Net, it was not until my late husband colleague introduced me to a good mother Mrs, Morrison who finally helped me get a secured loan in the company, a good mother, I want to use this opportunity to say thank you and God will continue to bless you because for helping me get my loan without wasting a lot of time so if you are out there looking for a loan of any amount I advise you to send an email to Jane Morrison via (janemorrisonloanfirm@gmail.com ) for more information contact me via bettyjunewheeler@gmail.com I wish you all success

    Reply

  • Dimma Joan 26/05/2015 at 20:37

    Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
    pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    $ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
    Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika kamu
    membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah untuk Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgandebra1986@gmail.com
    Tuhan Memberkatimu.
    Salam,
    Mrs Morgan debra
    Email: morgandebra1986@gmail.com

    Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

    Reply

Leave a Comment